Tuesday, July 7, 2009

Sebuah kritikan konstruktif yang semoga bermanfaat:

Kelemahan sebagian aktivis dakwah akhwat saat ini adalah tidak bisanya mereka bergaul dengan yang akan menjadi sasaran dakwahnya. Yang di maksud di sini sebagai sasaran dakwahnya adalah wanita2 gaul ‘n seksi. Saya jarang sekali melihat seorang aktivis dakwah akhwat, seorang Jilbaber, ataupun seorang akhwat taat yang bergaul dengan seorang cewek seksi ‘n gaul. Padahal seharusnya justru itulah yang harus menjadi target utama dakwah mereka. Tapi para aktivis dakwah akhwat seakan malah menjauhi mereka. Apakah ini bentuk ke egoisan mereka? Ataukah mereka hanya berdakwah untuk dirinya sendiri? Ataukah justru ketidakberdayaan mereka??! Ataukah mereka sok suci penghuni surga?

Susah untuk berdakwah pada cewek seksi ‘n gaul jikalau hanya dengan seruan!! Jikalau hanya dengan tulisan! Jikalau hanya dengan ajakan! Kemungkinan besar dakwah seperti itu tidak akan sampai..! untuk menghadapi sasaran dakwah seperti itu ikhtiar yang mesti kita lakukan adalah dengan bergaul dan bersahabat dekat dengan mereka. Setelah dekat, kita berikan tauladan yang baik untuk mereka itu. Ajak curhat,sharing, dan lain-lain yang disisipi unsur dakwah yang bisa masuk kedalam hatinya.Bukannya dijauhi & dibenci cewek seksi ‘n gaul itu…!

Aktivis akhwat itu sendiri malah sok suci! Sok sholeh! (walau pun emang shalihah2) ngumpulnya hanya dengan teman-teman aktivis lainnya, seakan gak mau gabung dengan cewek seksi ‘n gaul. Yang menjadikan cewek seksi ‘n gaul malah makin benci sama Islam lantaran para aktivisnya aja (akhwat.red) gak mau gabung ma mereka. Padahal apa susahnya aktivis akhwat gabung sama mereka untuk sedikit mensisipi dakwah dan suri tauladan. Apa gengsi ??? Kok bisa...?

Aktivis akhwat pun malah lebih sibuk mempromosikan tegaknya Khilafah di bumi Indonesia alias tegaknya syariat Islam, seakan-akan mereka bangga menyebarkan pamflet Khilafah, ataupun bangga karena paham akan khilafah, padahal teman2 di sampingnya tidak tahu apa itu khilafah. Dan merekapun enggan menceritakannya pada cewek seksi karena beranggapan mereka gak bakalan ngerti dan gak bakalan setuju soal khilafah…

Padahal selama masyarakat tidak mempunyai Qolbu islami dalam diri masing-masing, Syariat Islam pun akan sulit tegak di bumi Indonesia. Seharusnya aktivis bisa memilah, berikan dulu dasar konsep akhlaq atau Manajemen Qolbu, biar cewek seksi mengenal Indahnya Islam, jangan langsung di suguhi syari'at-syari'at yg berat.Pekerjaan Rumah buat aktivis dakwah akhwat. Kasihanilah mereka cewek seksi ‘n gaul. Jangan mau sholehah sendiri! Cari konsep dakwah selain tulisan dan ajakan. Kayaknya pendekatan melalui teladan hati bisa jadi alternatif.

TERUSLAH BERJUANG, AKHWAT FILLAH... !!

NB: Afwan.. Ini juga CoPas
Muthia lupa cantumkan sumbernya
Syukron Om Alimmahdi , ane telah diingatkan
Bagi yang merasa menulis mohon tinggalkan coment-nya.
Muthia akan segera cantumkan.
Jazakallah..
Muthia

3 comments:

  1. Assalamu 'alaikum, tetap semangatlah dalam berdakwah...

    ReplyDelete
  2. Ehmm... pencerahan yang bagus. ini tulisan siapa ya... bisa di copypas gak di blog ana.

    ReplyDelete